Pelayan Perpanjangan SIM Keliling

Tahun 2008, Surat Izin Mengemudi (SIM) saya habis masa berlakunya. Awalnya, mo datang langsung ke Poltabes Palembang, tapi niat itu batal karena hari ini ada jadwal pelayanan SIM keliling. Setelah cari-cari info tentang pelayanan SIM Keliling, akhirnya dapet lokasi yang harus dituju. Lapangan parkir Palembang Square Palembang.

Pelayanan SIM Keliling untuk wilayah Poltabes Palembang hanya disediakan 3 (tiga) kali seminggu. Untuk hari SENIN, pelayanan SIM keliling mengambil lokasi di halaman parkir Palembang Square (PS) Palembang. Kemudian hari RABU, berlokasi di halaman parkir Palembang Trade Centre (PTC) Mall Palembang. Baru kemudian hari SABTU, bertempat di kantor SAMSAT, Kampus Palembang. Pelayanan dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampe selesai.

Persyaratannya pun tak banyak. Dua lembar fotokopi KTP, 1 buah pas photo, dan SIM asli yang sudah habis masa berlakunya. Toleransi SIM yang telah habis masa berlakunya hanya 1 (satu) tahun. Yang telah habis masa berlakunya lebih dari 1 (satu) tahun harus memproses ulang di Poltabes Palembang. Biaya yang dikeluarkan, Rp 100.000 (seratus ribu) untuk formulir (kalo di Poltabes langsung hanya Rp 60.000) dan biaya untuk cek kesehatan sebesar Rp 15.000.

Datang langsung ke mobil pelayanan, beli formulir Rp 100.000, isi blanko yang tersedia. Kemudian cek kesehatan, bayar Rp 15.000, baru foto dan jadi SIM yang baru. Nggak sampe setengah jam, SIM yang baru sudah jadi. Ayo, buat yang mo perpanjang SIM, sepertinya pelayanan SIM keliling bisa jadi pertimbangan, terutama untuk mereka yang nggak mo repot dan lama. Memang sih, biayanya sedikti lebih mahal dibandingkan kalo kita datang ke kantor Poltabes Palembang.

Sebagai tambahan, untuk mereka yang berada di Jakarta, persisnya saya nggak paham juga nih, bisa cari info lokasi pelayanan SIM keliling dengan mengirim pesan singkat (SMS) ke nomor 1717 dengan mengetik pesan ‘Jadwal SIM Keliling’. Tarifnya Rp 1000/sms.  -tyn-

1 Komentar »

  1. agus said

    Pada bulan agustus 2008 di Banjarnegara, tahun ini saya perpanjangan SIM C, Dikenakan biaya Rp 125.000. Dengan rincian by test kesehatan 15.000 & Biaya SIM Setelah foto 110.000 tanpa menerima bukti pembayarannya. Saya ingin transparansi dari prosedur tsb, karena di Purbalingga pun hanya dikenakan by 60.000 & 15.000 by kesehatan. Sedangkan berdasarkan PERATURAN PEMERINTAH NO. 31 TAHUN 2004, By perpanjangan SIM hanya 60.000. Kok bisa ya dikenakan biaya 110.000. Padahal gak pakai calo loch.Transparansinya Mana?????????

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: