Today is 25th January

My birthday just only a little bit event all around the world. Barokallah

Beberapa catatan sejarah yang terjadi pada tanggal 25 Januari, besides my birth. Semoga akan ada manfaatnya untuk kita bersama.

Industri Percetakan Lahir
25 Januari 1456, industri percetakan lahir dengan dicetaknya Injil Gutenberg atau dikenal dengan nama Mazarin Bible. Injil cetakan pertama ini bentuknya seperti manuskrip, tidak memiliki nomer halaman, judul halaman, dan identitas buku lainnya.  Pencetakan Injil Gutenberg ini merupakan hasil dari penemuan mesin cetak dengan huruf bergerak oleh Johann Gutenberg pada tahun 1450. Namun sesungguhnya, penemuan mesin cetak pertama kali ditemukan oleh bangsa Cina pada tahun 594 yang menggunakan metode penyekaan terhadap cetakan yang terbuat dari sebuah kayu.

Pelukis Edouard Manet Lahir
25 Januari 1832, Edouard Manet, seorang pelukis Perancis, terlahir ke dunia. Manet merupakan pemimpin para pelukis muda pemberontak dari aliran lukisan yang tengah berkembang saat itu dan mempelopori gerakan impresionisme di Perancis. Lukisannya banyak memotret kehidupan sehari-hari, menggunakan area warna yang luas dan simpel, serta menggunakan teknik kuas yang cepat dan hidup. Karya-karya lukis Edouard Manet di antaranya berjudul “Olympia” dan “The Bar at the Folies Bergere”. Pelukis Perancis ini meninggal dunia tahun 1832.

Lagu Wedding March Mulai Dimainkan
25 Januari 1858, Lagu Wedding March karya Felix Mendelssohn menjadi lagu pengiring pernikahan yang populer setelah dimainkan pada hari ini pada pernikahan putri Ratu Victoria dan Calon Pangeran Prusia.

Syaikh Shamil Meninggal Dunia
25 Januari 1871, Syaikh Shamil, seorang ulama pejuang di Kaukasus meninggal dunia di Madinah. Beliau dilahirkan pada tahun 1797 di Dagestan, sebuah kawasan di Kaukasus utara, di selatan Rusia. Sejak kecil, beliau telah mempelajari ilmu-ilmu agama. Setelah terjadinya perang antara Iran dan Rusia dan dijajahnya Kaukasus oleh Rusia pada awal abad ke-19, rakyat kawasan ini melakukan perlawanan terhadap bangsa Rusia. Syaikh Shamil pada tahun 1834 memulai perjuangan bersenjatanya melawan pasukan Tzar Rusia setelah dia terpilih sebagai pemimpin politik dan agama suku-suku Dagestan. Setelah berkali-kali mengalami kekalahan, tentara Rusia kemudian mengirimkan 50.000 pasukan ke Kaukasus sehingga tahun 1839, perjuangan Syaikh Shamil terpaksa terhenti sementara waktu. Dua tahun kemudian, sekali lagi Syaikh Shamil memulai perjuangannya hingga tahun 1859. Namun akhirnya, karena Rusia memiliki peralatan militer yang lebih lengkap dan maju serta mundurnya sebagian pendukung Syaikh Shamil, perjuangan bangsa Kaukasus kembali dibungkam Rusia dan Syaikh Shamil ditangkap. Di akhir masa kehidupannya, Syaikh Shamil pergi ke Madinah dan meninggal di sana.

Mikroba Penyebab Penyakit Lepra Ditemukan
25 Januari 1873, Dokter Armuer Hansen dari Norwegia berhasil menemukan mikroba penyebab penyakit lepra, yang diberi nama Mycobacterium leprae. Penyakit lepra kemudian disebut juga sebagai Penyakit Hansen atau Hansen Disease. Penyakit ini telah muncul sejak ratusan tahun sebelumnya, namun baru pada tahun 1873 ditemukan penyebabnya. Penemuan mikroba ini membuat proses pengobatan penyakit lepra mengalami kemajuan. Obat terbaru yang dianggap sebagai kemajuan besar dalam sejarah lepra adalah MDT (multidrug therapy) yang diproduksi tahun 1982 oleh WHO. Obat itu menunjukkan keberhasilan signifikan di berbagai daerah endemik lepra di dunia.

Liga Bangsa-Bangsa Didirikan
25 Januari 1919, Liga Bangsa-Bangsa didirikan. Liga Bangsa-Bangsa (LBB) adalah sebuah organisasi internasional yang didirikan setelah Konferensi Perdamaian Paris 1919, tepatnya pada 10 Januari 1920. Fungsi-fungsi utamanya termasuk melucuti senjata, mencegah perang melalui keamanan kolektif, menyelesaikan pertentangan antara negara-negara melalui negosiasi dan diplomasi, serta memperbaiki kesejahteraan hidup global.
Ide untuk mendirikan LBB dicetuskan Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson meskipun AS sendiri kemudian tidak pernah bergabung dengan organisasi ini. Sejumlah 42 negara menjadi anggota saat LBB didirikan. 23 di antaranya tetap bertahan sebagai anggota hingga LBB dibubarkan pada 1946. Antara 1920-1937, 21 negara masuk menjadi anggota, namun tujuh di antara keduapuluh satu anggota tambahan ini kemudian mengundurkan diri (ada yang dikeluarkan) sebelum 1946.
LBB tidak mempunyai angkatan bersenjata dan bergantung kepada kekuatan internasional untuk menjaga agar resolusi-resolusinya dipatuhi. Meskipun awalnya menunjukkan keberhasilan dalam menjalankan tugasnya, LBB akhirnya gagal mencegah berbagai serangan yang dilakukan Kekuatan Poros pada tahun 1930-an. Munculnya Perang Dunia II kembali memperjelas keadaan bahwa LBB telah gagal dalam tugasnya mencegah pecahnya perang. Setelah Perang Dunia II, pada 18 April 1946, LBB resmi dibubarkan dan digantikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Olimpiade Musim Dingin Pertama
25 Januari 1924, Olimpiade Musim Dingin 1924 dibuka di Chamonix, Perancis, menjadi Olimpiade Musim Dingin pertama. Olimpiade Musim Dingin adalah ajah olahraga musim dingin antar bangsa yang diadakan setiap empat tahun sekali. Jumlah negara peserta Olimpiade Musim Dingin lebih sedikit dibandingkan Olimpiade, karena negara-negara yang berada di ekuator tidak memiliki fasilitas untuk olahraga musim dingin.

Planet OGLE-2005-BLG-390Lb Ditemukan
25 Januari 2006, Sekelompok peneliti internasional dari 12 negara menemukan OGLE-2005-BLG-390Lb, sebuah planet ekstrasurya yang paling mirip dengan Bumi, yang mengorbit bintang OGLE-2005-BLG-390L, terletak sekitar 22.000 tahun cahaya dari Bumi,[1] di dekat pusat Bima Sakti.
OGLE-2005-BLG-390Lb mempunyai massa lima kali lebih besar daripada yang dimiliki Bumi. Planet ini mengelilingi bintang utamanya (yang terletak sekitar 390 juta kilometer darinya[2]) selama sepuluh tahun dan diperkirakan mempunyai suhu udara rata-rata sebesar -200 Celsius (53 kelvin)[3]. Atmosfernya tipis seperti Bumi, namun permukaannya yang berbatu-batu kemungkinan terbenam di dalam lautan yang beku.
Menurut Uffe Gråe Jørgensen, salah seorang anggota tim peneliti yang menemukannya, planet ini adalah planet pertama dan satu-satunya yang telah ditemukan yang selaras dengan teori-teori mengenai terbentuknya Tata Surya Bumi.

Pemilu Parlemen 2006 di Palestina
25 Januari 2006, Pemilu parlemen di Palestina; Hamas menang.

Wallahu a’lam

-tyn-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: