Uji Keaslian Madu, Coba Tips Ini

Madu sebagai salah satu sumber makanan yang Allah sediakan untuk manusia melalui serangga, memiliki kelebihan tersendiri. Menurut catatan, madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat.

Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas madu bunga dan serbuk sari yang dikonsumsi lebah. Di samping itu di dalam madu terdapat pula tembaga, yodium dan seng dalam jumlah yang kecil, juga beberapa jenis hormon.

Di pasaran, kita bisa lihat beragam jenis madu berdasarkan bunga dan serbuk sari yang dikonsumsi lebah itu. Khasiat ini akan maksimal jika madu yang kita konsumsi bukan merupakan madu oplosan (aspal) yang telah dicampur dengan bahan lain.

Kendalanya, kita terkadang kesulitan mengetahui apakah madu itu asli atau bukan. Berikut beberapa tips ringan dari ‘orang tua dulu’ untuk menguji keaslian madu. Pertama, coba teteskan beberapa tetes madu di atas media kertas. Madu yang ASPAL (asli palsu) akan menyebar pada media kertas dan bahkan terserap pada bagian kertas itu. Sedangkan madu yang asli akan tetap menggumpal dan tidak meresap ke bagian kertas.

Cara lainnya dengan masukkan setengah sendok madu ke dalam air hangat. Madu ASPAL akan larut dan berbaur dengan air hangat tersebut, sedangkan madu yang asli sebaliknya.

Atau bisa diuji ketika kita membuka tutup botol/wadah madu tersebut. Madu yang ASPAL akan memberikan sedikit tekanan, seolah mengandung gas (seperti pada minuman bersoda/berkarbonasi – CMIIW), sedangkan madu asli akan sebaliknya.

Terakhir, coba dengan memasukkan sample madu ke dalam lemari es.  Biarkan beberapa jam. Jika madu tersebut membeku (seperti es), bisa disimpulkan madu tersebut ASPAL. Jika madu tidak membeku, mudah-mudahan madu ini asli.

Selamat mencoba dan jangan ragu untuk mencoba. Wallahua’lam. -tyn-

“Dan Tuhanmu telah mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit, di pohon-pohon dan tempat-tempat yang dibangun manusia. Kemudian makanlah dari tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah memudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya dan didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi manusia yang berpikir” (QS. An-Nahl:68-69).

16 Komentar »

  1. abaherbal said

    coba kasih tambahan ya, smoga berkenan

    mengenai madu yang diuji dengan dimasukkan kedalam lemari pendingin, hal ini bukan indikator yang baik. Perlu diketahui bahwa setiap madu mempunyai peluang untuk mengkristal. Mengkristalnya madu berbeda dengan madu aspal. Madu yang mempunyai kualitas kurang begitu baik mempunyai peluang mengkristal yang cukup tinggi, tapi masih tetap madu loh. madu kualitas tinggi mempunyai peluang mengkristal sangat kecil, barangkali perbandingannya antara madu dari iklim tropis seperti di negara kita dengan madu dari negeri yaman (hadromout) dari pohon sidr. Allohu a’lam.

    Dengan didiamkannya madu yang telah mengkristal pada suhu kamar, pengkristalan tersebut akan kembali kepada bentuk madu semula, tapi madu aspal kagak bisa seperti ini. Beberapa madu ternak dari negera kita mempunyai peluang mengkristal jika terkena suhu yang ekstrim. lemari pendingin termasuk suhu yang ekstrim. oleh karenanya, menyimpan madu dari iklim tropis bukan pada lemarin pendingin, cukup pada suhu sejuk dengan botol tertutup rapat, karena madu mempunyai sifat hidroskopis.

    -abaherbal dot com

    • Assalamualaykum,,, saya mau tanya, beberpa waktu lalu (sekitar 1 bulan) sya membeli madu yang dikemas dalam kemasan jerigen kecil) waktu dibeli jerigennya menggembung dan ketika dibuka pertma kali ada seperti kristal berwarna coklat muda di bibir jerigennya (madunya berwarna kuning). awalnya saya pikir tidak apa2, tapi setelah habis 1/2 jerigen kristal2 tersebut keluar lagi. penasaran, saya tuang sebagain madu ke piring, sambil dikorek2 karen sangat kental bagian dasarnya. ternyata banyak keluar kristal2 seperti gula putih. apakah itu pengkristalan madu? padahal madu selama di toko dan setelah dibeli berada di suhu ruang. Dan sampai sekarang kristal2nya masih ada (tidak larut)

  2. didik tri p said

    Emang betul seperti apa yang dikomentari sebelumnya ada kalanya jenis madu berbeda beda tergantung dari asalnya entah dari alam atau peternakan murni yang nota bene rumah di peternakan lebah lebih kedap terhadap air yang karena terbuat dari kotak kotak kayu dan sebaliknya dengan yang alami akan lebih tinggi kadar airnya coba saja uji dengan tuang madu setengah sendok teh dan kemudian ambil batang korek api lalu nyalakan dan taruh diatas sendok yang telah terisi madu tadi untuk yang asli api tidak mati dan terus menyala walaupun lebih kecil semoga bisa berguna amin

  3. CHOLID IBRAHIM said

    Mneurut pengalaman saya, ada satu tips bagus dari para peternak lebah semasa saya training di Pusbahnas Parung Panjang Bogor. ada satu cara sederhana tapi dianggap manjur. yaitu dengan menggosok-gosokkan madu ke telapak tangan kita. kalau yang asli akan berubah cair seperti air sedangkan yang aspal akan lengket. selamat mencoba…

  4. Kang Selo said

    yg perlu diingat adalah madu tsb dihasilkan dari daerah mana, memang madu bila diteteskan diatas kertas akan menyebar atau menggumpal, jg bila dimasukkan dalam air madu akan larut atau bila dimasukkan dalam lemari pendingin akan mengkristal, untuk semua itu yang harus dipahami betul adalah spt diawal uraian diatas, yaitu : untuk madu produksi daerah tropis spt. Indonesia dimana curah hujannya cukup tinggi dan jg tingkat kelembaban yg tinggi maka kadar air yg terkandung dalam madu jg cukup tinggi bila dibandingkan dengan madu produk dari negara timur tengah spt, Arab Saudi, Yaman, Turki dll, karena benar2 daerah kering/gurun sehingga kadar air dalam madunya jg relatif sedikit dan madunya sangat kental, yg pasti sih untuk mengetahui madu asli/tidak ya harus uji lab.

  5. ustadi said

    Madu adalah makanan hidup. karena di dalamnya ada kehidupan, misalnya enzim dan khamir. khamir di dalam madu masih dalam keadaan hidup. pada madu yang mempunyai kadar air rendah khamir juga masih hidup tetapi tidak beraktifitas. berbeda jika keadaan madu encer, khamir dalam keadaan hidup berkembang biak dan beraktifitas. khamir ini tidak berbahaya (dimakan tidak apa-apa). dia bertanggung jawab terhadap proses fermentasi madu (yaitu merubah gula madu menjadi asam, alkohol dan karbon dioksida yang berupa gas, sehingga apabila kita buka tutupnya akan terjadi semacam letupan.
    jadi apabila ada madu yang meletup bisa dipastikan bahwa ini adalah madu ASLI tapi BERKUALITAS RENDAH dan apabila terdapat madu encer yang tidak meletup bisa dipastikan bahwa madu itu telah mengalami proses pemanasan atau malah bukan madu.
    sebagian madu mempunyai sifat mengkristal (misalnya madu karet atau kaliandra) meskipun tidak dimasukkan dalam freezer. apalagi jika dimasukkan maka akan cepat mengkristal.
    sebagian madu tidak mengkristal (misalnya madu randu) meskipun dimasukkan dalam freezer selama satu tahun.
    semua tergantung perbandingan glukosa : fruktosa dalam madu itu sendiri. misalnya : kalau madu karet murni (seperti madu karet jawa tengah) akan sangat mudah mengkristal, tetapi berbeda dengan madu karet jawa timur yang notabene ada madu lain yang masuk (madu RCC atau di Jatim disebut Sriwilkutil). madu karet jawa timur tidak mengkristal dalam waktu satu tahun. Madu kaliandra murni seperti di daerah kediri akan mengkristal dalam waktu satu bulan. berbeda dengan madu Kaliandra Kampung Jowo (Bondowoso) yang tidak mengkristal dalam waktu satu tahun karena ada madu lain yang masuk sehingga mempengaruhi perbandingan fruktosa : glukosa dalam madu.
    Kadar air madu sangat tergantung pada kelembaban lingkungan,kualitas koloni, lama panen. ketika musim hujan madu mempunyai kecenderungan encer, tetapi jika kita punya lebah dengan koloni kuat dan panennya kita bikin lebih lama (14 hari atau lebih) maka akan di dapat madu dengan kadar air dibawah 20%. dasar pemikirannya demikian dengan tingginya kelembaban maka kadar gula nektar (bakal madu yang ada di tanaman) menjadi lebih rendah jadi untuk mengurangi kadar air lebah memerlukan lebih banyak karyawan dan tambahan waktu.

    demikian semoga bermanfaat… matur nuwun.

  6. brian said

    yang saya tahu dari pengalaman saya bahwa semua tes yang dilakukan secara langsung jangan dijadikan patokan keaslian madu karena berbeda daerah dan nektar bunga berbeda pula hasil dan tingkat kekentalan serta kandungan di dalam madu, saran saya bawa ke laboratorium kalau ingin tau yang asli. di masa ini madu ASPAL banyak yang dibuat sprti madu asli, dan agak sulit untuk di bedakan

  7. andy said

    mau sharing setahu saya pengkristalan madu disebabkan kadar air yang terkandung didalam madu semakin besar kadar airnya maka proses pengkristalan semakin tinggi.
    saya sudah mencoba cara-cara umum untuk membedakan madu asli dengan yang Aspal, ada bahan yang bernama fructosa(cornsyrup) dan glukosa yang dijual secara bebas dipasaran, saya mencoba membandingkan dengan madu dan hasilnya dengan cara dilarutkan didalam air hangat sama tidak hancur, ditaruh dikertas sama tidak melebar, dikerubutin semut juga tidak terlalu apalagi jika ditambah PG(propilen glikol), ditaruh dilemari es juga tidak membeku, sedangkan untuk gas yang keluar memang merupakan indikasi dari madu karena madu tersebut mengalami proses fermentasi yang diakibatkan oleh enzim diastase, tapi sekarang pengelola madu dapat menghilangkan proses fermentasi ini dengan cara pemanasan, pemanasan ini juga berguna untuk mengurangi kandungan air yang terdapat dalam madu. yang belum saya coba menggosokan ketelapak tangan apakah madu asli memang tidak lengket atau lengket….?????yang jelas untuk keasliannya harus datang dan beli langsung.kemungkinan asli 100% saya tidak yakin tapi kemungkinan madu yang kita beli adalah madu oplosan…
    semoga bermanfaat

  8. bu suci said

    para komentator yg semua argumennya meyakinkan (dalam bhs ente haqqul yakin kali), ada baiknya kunjungi “sentral ternak.com” info dari akademisi yg mengulas ttg hal ini secara lebih ilmiah dan tidak bernada paling tahu. Karena sifat sok paling bisa dan paling tahu itu kadang menjadi bibit penyakit sombong lho yang katanya tak akan mencium bau surga manusia yg di dalam hatinya ada kesombongan walaupun sebesar zarrah. Dan nampak wabah ini gampang-gampang sulit memberantasnya. Saya setuju uji lab, tapi dimana ya

  9. anakkecil said

    menggosokkan madu ke tangan terus berubah jadi cair?
    Kok tidak ilmiah, ya? Apa yang menyebabkan madu jadi cair? Saya ambil madu langsung dari hutan, tangan sering belepotan, digosok tetap lengket, tuh….

  10. abu khansa (el-Iman) said

    maaf, ya sedikit ngasih informasi untuk madu yang memiliki tekanan gas atau tekanan yang tinggi bukan semuanya ASPAL, karena madu yang memiliki kadar air di atas 23 % biasanya mengalami hal tersebut,untuk madu yang mengkrital itu juga bukan indikasi bahwa madu tersebut ASPAL karena terjadinya pengkristalan itu tergantung dari nektar (makanan )sang lebah seperti jenis kaliandra, kopi, klengkeng, sidr ini biasanya juga terjadi pengendapan.dan saya sangat setuju u pengetasan yang akurat harus melalui uji lab. semoga bermanfaat untuk kita semua

  11. CAHYA said

    Berdasarkan kualitasnya madu dibagi jadi…
    ada yang berkualitas tinggi ( cenderung kental dan kadar air sedikit), dan ada yang berkualitas rendah ( cenderung encer dan kadar air tinggi)… Sehingga agak klise jika pengujian- pengujian diatas menjadi dasar pembuktian madu palsu.. Sepengetahuan saya pembuktian madu palsu hanya bisa dilakukan oleh para ahli di laboratorium dengan proses yang rumit…
    Yang pasti kalau madu selalu ada di tangan KANAN dan racun di tangan KIRI..
    He… He… Smoga bguna………….

  12. tantioke said

    bermanfaat …
    terima kasih infonya.

  13. Lebah said

    Madu q oh madu q

  14. Terimakasih, atas ketersedian untuk membuat Comment, Kami adalah salah satu petani Madu Apis Cerana Multiflora lokal, ingin berbagi ilmu kepada siapapun, silahkan buka di http://www.madubandungibrahim.com. Demikian yang bisa kami sampaikan,
    Salam,
    Ibrahim. S

  15. dion said

    memang sulit membedakan asli atau palsu nya madu, karena madu mempunyai banyak jenis daerah tropis yg mana madu tsbt cenderung mempunyai kadar air yg tinggi. trkadang ada juga petrnak madu yg memberi makan lebah nya dengan gula atau larutan air gula menjadikan kualitas madu nya kurang baik , karena madu yg paling baik dan paling murni itu bila lebah nya 100% makanan nya adalah murni dari sari bunga atau getah pohon.

    jadi tips dari saya kalo membeli madu usahakan beli madu hutan yang di ambil secara alami di hutan hutan oleh pemburu madu.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: