Silaturrahmi Rekan

Ada banyak cara untuk kita menjalin silaturrahmi sesama kita, baik itu merupakan rekan kerja, teman lama atau keluarga dekat kita. Bangsa Indonesia telah memiliki budaya silaturrahmi ini sejak lama. Nenek moyang kita telah mewariskan budaya ini untuk terus kita pelihara.

Apatah lagi bila kita menilik keutamaan silaturrahmi ini sendiri, rasanya terlalu sempit bila kita menganggap remeh silaturrahmi ini.

Hadis riwayat Anas bin Malik ra., ia berkata:
Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa yang merasa senang bila dimudahkan rezekinya dan dipanjangkan usianya, maka hendaklah dia menyambung hubungan kekeluargaan (silaturahmi). (Shahih Muslim No.4638)

Benarkah silaturrahmi akan memperpanjang usia kita? Bukankah ajal sudah ditetapkan waktunya?!! Ternyata ada ungkapan yang mungkin pernah kita dengar, ‘Aku ingin hidup seribu tahun lagi’. Walapun jasad kita telah terkubur di dalam tanah, tapi kenangan akan selalu ‘menghidupkan’ kita dalam ingatan.

Dan juga, bertambahkah rezeki itu dengan silaturrahmi? Bukankah Allah SWT telah menetapkan rezeki tiap-tiap hambanya??!!! Sepertinya contoh kongkret kejadian ini lebih mudah kita dapatkan.

Bersodaqoh pahalanya sepuluh, memberi hutang (tanpa bunga) pahalanya delapan belas, menghubungkan diri dengan kawan-kawan pahalanya dua puluh dan silaturrahmi (dengan keluarga) pahalanya dua puluh empat. (HR. Al Hakim)

Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Rahim (tali persaudaraan) itu digantungkan pada arsy, ia berkata: Barang siapa yang menyambungku (berbuat baik kepada kerabat), maka Allah akan menyambungnya dan barang siapa yang memutuskan aku, maka Allah pun akan memutuskannya. (Shahih Muslim No.4635) -tyn-

Walahua’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: